Lokasi

Medan Estate

Telepon

(061) 6615628

Follow us :

Mengenal universitas terbaik di jerman, diantaranya: Heidelberg University, Technical University of Munich, LMU Munich. Selengkapnya, di sini.

Universitas terbaik di Jerman sering dijadikan incaran calon Mahasiswa Indonesia. Terutama universitas-universitas yang menyediakan program beasiswa.

Tempatnya yang strategis serta kental dengan sejarah-sejarah membuat Jerman sering dijadikan pilihan utama agar diicar terlebih dahulu. Mimpi para calon Mahasiswa dari luar selaras dengan program yang diagendakan oleh Jerman. Yang mana setiap tahunnya ada sekitar 13,2 persen mahasiswa dari luar negeri.

Universitas Terbaik di Jerman

Berikut beberapa universitas terbaik di Jerman yang bisa dijadikan sebagai referensi atau calon universitas yang diimpikan.

  1. Heidelberg University

Heidelberg University merupakan salah satu kampus bergengsi yang ada di Jerman. Universitas yang sudah berumur ratusan tahun tersebut memiliki banyak program unggulan yang dapat menarik minat mahasiswa.

Jurusan-jurusan populer diantaranya, teknik nuklir, radiologi, onkologi, pencintraan medis dan biokimia.

Biaya kuliah di Heidelberg untuk S1 dan S2 jika di hitung berdasarkan rupiah sekitar dua puluh empat juta rupiah. Biaya tersebut berlaku hanya untuk 1 semester.  Biaya lain yang tidak kalah penting untuk diperhitungkan yaitu, biaya asrama. Uang minimak yanh perlu disediakan adalah berkisar 4 sampai 6 juta rupiah perbulan.

  1. TUM (Technical University of Munich)

TUM jika di urutkan mendapatkan peringkat ke 37 berdasarkan rangking dari QS Word University. Setia kampus memiliki bidang atau prodi yang dijadikan pionir. TUM pionirnya yaity Teknik listrik dan elektronik, penerbangan, manufaktur, astronomi, fisima, dab mesin.

Dari sisi kelengkapan TUM diklaim sebagai universitas yang hampir semuanya punya sendiri. Hal yang membuat peminat semakin mencuat dengan kampus ini yaitu, banyak perusahaan yang telah percaya dan bermitra dengannya.

Rata-rata biaya semesteran S1 berada di kisaran 33 juta sampai 49 juta rupiah. Sedangkan S2 dan S3 66 juta rupiah sampai 99 juta rupiah. Jika Memimpikan bisa meneguk ilmu dari kampus TUM, hal utama yang harus dipersiapkan adalah prestasi. Siapa tahu jika prestasinya bagus bisa mendapatkan biaya. Persiapan ke dua yaitu biaya.

Jika dikalkulasikan dengan standar kehidupan orang Indonesia secara umum terutama menengah ke bawah, angka 60 jutaan per semester adalah nilai fantastis.

Biaya hidup, seperti asrama, makan, dan faktor Ex yang datang di luar perencanaan sekitar 17 jutaan rupiah. Namun, terkait dengan biaya kehidupan bisa jauh lebih tinggi bisa juga lebih murah, sesuai life style masing-masing.

Perhitungan di atas adalah perhitungan secara umum atau pada umumnya.

  1. LMU Munich (Ludwig Maximilians)

LMU Munich merupakan Universitas yang masuk ke jajaran Universitas tua di Jerman. Tahun berdirinya 1472. Prodi andalan yang sering membuat calon mahasiswa terpikat yaitu, Fisika, biologi, imunologi, dan genetika.

Kampus ini sangat cocok untuk calon mahasiswa yang bermimpi kuliah di luar negeri tetapi terkendala biaya. Konon kuliah di kampus LMU gratis uang semester. Biaya yang dibutuhkan terkait pendidikan hanya daftar ulang.

Jika dikalkulasi ke dalam rupiah biaya daftar ulang hanya 1, 4 jutaan.

Kesimpulan

Universitas terbaik di Jerman yang dijelaskan di atas adalah universitas yang masuk ke dalam rangking penilaian dari QS Word University Rankings. Selain itu, sebenarnya masih banyak universitas terbaik lainnya.

Jika merasa terkendala biaya, bisa menyiapkan prestasi jauh-jauh hari sebelumnya agar bisa kuliah ke LN dengan beasiswa.